Minggu, 02 Maret 2014

Deklarasi UKM Bahasa Arab Sekaligus MUBES



Fajar News, Guluk-Guluk _ Sabtu (01/03), Panitia Perintis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Instika mendeklarasikan sekaligus adakan Musyawarah Besar Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa Arab yang bertempat di Aula Mini Instika. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa jajaran pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Institut (BEM-I), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut (DPM-I), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM Gendewa, LPM, dan Pramuka), serta undangan delegasi dari setiap Prodi sebanyak 40 mahasiswa.
Menurut Ibnu Hajar Ketua Panitia dalam acara tersebut, dirintisnya UKM BA, berawal dari suatu peristiwa besar, sejak dinobatkannya beberapa mahasiswa Instika sebagai juara debat Internasional, bahkan pula ada yang sudah menjadi deklarator organisasi tingkat Nasional. Serta melihat dari potensi mahasiswa Instika di bidang bahasa arab yang sangat luar biasa.                         
“Meskipun acara MUBES ini tidak terlalu formal, tapi saya berharap UKM-BA akan menjadi hal yang luar biasa nantinya,” tambahnya.
Pun demikian dalam sambutan ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut (DPM-I), Ahmad Fauzi, Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjunjung tinggi Instika ke depan. “Saya merasa bangga dengan adanya UKM BA, dan nantinya saya berharap keseriusan hadirin mengikuti kegiatan MUBES,” tuturnya.
Ia menyampaikan pula bahwa UKM-BA tidak langsung disahkan dalam satu tahun ini, akan tetapi masih menunggu tahun berikutnya. Sekarang tahap percobaan. Jika program UKM BA terlaksana dengan baik, minimalnya75% berjalan lancar, maka baru akan diresmikan. “Jadi peresmian UKM-BA ini melihat bagaimana kinerjanya nanti,” kata mahasiswa asal Batu Putih itu.
Begitu juga sebagaimana yang dikatakan Wakil Rektor III, H. Mohammad Hosnan, M.Pd, bahwa keinginan untuk mengadakan UKM BA sudah sejak lama tertanam. “Pada tahun 2010 dari pihak kampus menginginkan adanya wadah yang bisa mengorganisir minat mahasiswa dalam bidang bahasa Arab, karena melihat beberapa mahasiswanya yang sudah menjuarai berbagai lomba Nasioanal maupun Internasional.
“Ini belum ada organisasinya sudah menjuarai tingkat Nasional, apalagi ketika sudah ada organisasinya. Bahkan dulu, masih tidak ada Prodi Pendidikan Bahasa Arab, tapi di Instika sudah bisa menjuarai lomba tingkat nasional. Sampai Prof. Sayyid Aqil Munawwar, juri lomba debat bahasa arab, terheran-heran. Akan tetapi di sini kami tersenyum-senyum karena nyatanya tidak ada pembinaan atau wadah pada mahasiswa,” Jelasnya dalam sambutannya.
Bapak Hosnan, panggilan H. Mohammad Hosnan, M.Pd, juga berharap dengan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa Arab, nanti mahasiswa Instika, yang memiliki potensi berbahasa Arab, dapat terorganisir dengan baik dan sukses. Kemudian, pukul 09.57 Wib, acara resmi dibuka. [Rosi/Jene]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar