Sabtu, 30 November 2013

Mahasiswa Plagiat, Rektor Galau



BEM-I Instika Gelar Short Course Kepenulisan Skripsi
Fajar News, Guluk-Guluk _ Badan Eksekutif Mahasiswa Institut (Bem-I) Instika sukses adakan acara Short Course Kepenulisan Skripsi bagi mahasiswa Instika semua jurusan semester VII, pada Rabu-Kamis (27-28/11) lalu, bertempat di Ruang Pertemuan Instika.
Badrut Tamam, selaku ketua panitia dalam acara tersebut, mengatakan waktu sambutan di depan  peserta yang berjumlah lebih dari 72 orang mahasiswa putra, bahwa Short Course kepenulisan skripsi itu dikemas dengan dua sesi. Pada sesi pertama, tanggal 27 Nopember untuk mahasiswa putra. Sedangkan pada sesi yang kedua, tanggal 28 Nopember untuk mahasiswa putri. 
Adapun tema dalam kegiatan tersebut, ialah “Memangkas Plagiarisme di Tubuh Mahasiswa”. Menurut Presiden Badan Ekskutif Mahasiswa Institut (BEM-I) Instika, Rusydiyono, tema ini berangkat dari realitas dimana praktik plagiarisme masih sering dilakukan oleh mahasiswa Instika dalam pembuatan skripsi. Kenyataan ini terjadi karena mahasiswa masih banyak yang belum memahami cara membuat skripsi.
“Mahasiswa yang wisuda, sementara skripsinya hasil plagiat, berarti itulah mahasiswa yang prematur,” tegas mahasiswa semester VII asal Batang-Batang itu dalam sambutannya, Rabu (27/11).
Acara Short Course Kepenulisan Skripsi yang dilaksanakan BEM-I itu, mendapat respon baik dari pimpinan, sebagaimana dalam sambutan Wakil Rektor III Instika, Moh. Hosnan A. Nafi', S.Ag., M.Pd., acara tersebut dinilai sebagai terobosan yang sangat tepat bagi mahasiswa Instika, di tengah banyaknya mahasiswa yang sulit untuk melepaskan diri dari plagiarisme.
          “Plagiasrime hampir menjadi hal yang biasa di seluruh Negeri, termasuk di Instika. Ini  yang membuat para rektor galau,” ujarnya. Tak lama, kemudian kegiatan Short Course Kepenulisan Skripsi resmi dibuka tepat jam 09.13 Wib. [Roy.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar