Selasa, 22 Mei 2012

Pengumuman Juara Lomba Esai dan Cerpen FCB IV Nasional


Pengumuman Juara 1,2, dan 3 Lomba Esai dan Cerpen Tingkat Mahasiswa Se-Indonesia
Festival Cinta Buku (FCB) IV Nasional
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika)
Guluk-Guluk Sumenep Madura

Lomba Cipta Esai dan Cerpen Tingkat Mahasiswa se-Indonesia diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk Sumenep Madura. Lomba esai diikuti oleh 22 peserta dan Lomba cerpen diikuti oleh 54 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Masing-masing peserta diwajibkan hanya mengirimkan 1 esai dan cerpen terbaiknya. Minimnya peserta ini barangkali disebabkan oleh minimnya sosialisasi dari kami dan sempitnya rentang waktu dari pengumuman adanya lomba hingga deadline pengiriman. Dan kami maklum karena hal ini masih baru pertama bagi kami.

Setelah melalui proses penyeleksian, akhirnya Juri memutuskan nama-nama berikut sebagai Juara 1, 2, dan 3 Lomba Esai dan Cerpen FCB IV Nasional:

Lomba Esai
No
Nama
Judul
Delegasi
Total Nilai
      1.             
Dian Ayu Eka Pitaloka

Membaca Buku Membuatmu Mampu Mengubah Dunia
Universitas Jember
250
      2.             
Fausiyah
Merefresh Semangat Iqra’
INSTIKA Sumenep
228
      3.             
Ansori
Membangun Gerakan Cinta Ilmu dan Buku
Universitas Islam Madura (UIM)
223

Lomba Cerpen
No
Nama
Judul
Delegasi
Total Nilai
      1.             
Muftaridatul Rohinnah
Marto
INSTIKA Sumenep
340
      2.             
Hendra Saputra
Sorban Kaji Sumardi
IAIN Walisongo Semarang
333
      3.             
Edu Badrus Shaleh
Corel
INSTIKA Sumenep
325

Juri Esai: M. Mushthafa, S. Fil., M.A. dan Juri Cerpen: Hana al-Ithriyah. Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Para Juara akan diundang dalam Penganugerahan Juara dan Penutupan Festival Cinta Buku (FCB) IV Nasional, yang akan dilaksanakan pada hari sabtu, 26 Mei 2012. Bagi juara yang tidak bisa hadir, maka hadiah lomba akan dikirimkan. Terimakasih.
Guluk-Guluk, 22 Mei 2012.

Ttd.
Panitia Penyelenggara.

3 komentar:

  1. Selamat buat para juara. Yang belum, selamat-nya menyusul

    BalasHapus
  2. Komentar saya membaca naskah ketiga pemenang:

    Dian Ayu menunjukkan bakat menulis esai yang bagus. Dengan sedikit gaya ironi, refleksi yang dikemukakannya menggugah generasi muda pada khususnya untuk menyongsong tugas membangun peradaban masa depan dengan memperkuat literasi.
    Gagasannya dijalin dengan rapi, juga menunjukkan keterampilan menggunakan referensi dengan cantik, sehingga esainya tetap mengalir dengan indah.

    Esai Fausiyah mencoba membawa ide yang cukup tajam dan fokus. Ia berusaha merefleksikan jenis bacaan yang biasa kita jumpai, lalu mengajak pembaca untuk mereka ulang mutu bacaan yang selama ini dicerna. Meski elaborasinya kurang mendalam, Fausiyah cukup berhasil menjaga nuansa esai dalam tulisannya.

    Dari segi ide, apa yang ditulis Ansori mungkin tidak terlalu tajam. Tapi Ansori berhasil mengemukakan ide-idenya dengan rapi. Bahasanya juga nyaman dicerna. Namun saya menangkap kesan bahwa Ansori masih kurang mampu memainkan “otak kanan” secara maksimal dalam esainya. Pun, gagasan utama yang menjadi fokus esai ini kurang tergali dengan baik. Saya menduga mungkin karena memang tema atau gagasan semacam ini agak sulit untuk ditulis dengan gaya esai yang renyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk K.M. Faizi: terimakasih atas komentarnya....
      K.M.Mushthafa: terimakasih atas jerih payahnya dalam mengoreksi dan memilih karya yang masuk.

      Hapus